Posted in 1, Renungan Kehidupan

Cerdas Mengelola Waktu

“Waktu ibarat pedang. Jika pandai mengelolanya,ia akan bermanfaat bagimu. Namun jika tidak, maka ia bisa membunuhmu secara perlahan.”

Jika tidak ada aktivitas malam, saya biasa tidur malam pada pukul 22:00, dan kemudian bangun pada pukul 04:00 pagi. Dengan rutinitas tersebut, saya merasa hidup lebih teratur, tidur lebih nyenyak dan bisa maksimal menjalankan aktivitas keseharian.

Namun semalam, ternyata saya sedikit lalai terhadap hal tersebut. Karena merasa bahwa keesokan harinya adalah hari libur, maka semalaman saya menghabiskan waktu dengan membaca buku dan menonton sejumlah tayangan TV. Hingga tanpa terasa, ternyata adzan subuh telah berkumandang ! X_x

Akibatnya, setelah menunaikan shalat subuh, saya tertidur hingga pukul 08:00. Setelah selesai sarapan, ternyata rasa kantuk pun masih belum hilang. Sehingga pada siang harinya saya melanjutkan tidur untuk menuruti kehendak kelopak mata yang terus merajuk. Masya Allah. Maka otomatis, seharian ini saya hanya menghabiskan waktu untuk tidur ! Sejumlah rencana menjadi terabaikan. Tubuh pun terasa kurang sehat. Astaghfirullah.

Maka benar sabda Rasulullah tercinta untuk tidur di awal waktu, sehingga dapat bangun di awal waktu. Manfaatkan waktu malam untuk beristirahat, dan waktu siang untuk beraktivitas dan bekerja. Niscaya kita akan mendapatkan hidup yang baik, tubuh yang sehat, dan setiap aktivitas pun dapat kita jalankan dengan lebih optimal. Subhanallah.
Saya pun kembali teringat pesan dari Bang Haji : “Bergadang jangan bergadang, kalo tiada artinya” ^^d

Salam Hikmah
@eL_Bandung

Penulis:

#FHUNPAD #UNITEDARMY

Tinggalkan Balasan

