Posted in Renungan Kehidupan, tulisan heureuy, tulisan SERIUS

Sekilas tentang Nama Penaku

“…Harapannya sederhana saja, semoga tulisanku dapat menjadi penerang dalam gulita kebodohan..”

Akira Dalta. Itulah nama penaku. Nama yang biasa kucantumkan sebagai nama alias dalam setiap tulisanku. Dari situs wikipedia, “Akira” adalah nama yang umum diberikan kepada anak-anak di Jepang. Nama ini memiliki arti “cerdas”, “pandai”, atau “terang”. Ada beberapa kanji untuk menulis Akira. Salah satunya dalah 明. Akira adalah nama yang umum digunakan untuk nama laki-laki. Nama ini juga merupakan versi perempuan dari bentuk karakter bahasa Inggris dari nama laki-laki Skotlandia yang disebut Acair, yang berarti “jangkar”. Kalau di Nigeria, nama Akira digunakan untuk nama laki-laki dan perempuan. Sedangkan “Dalta” merupakan akronim dari kata “Dalam Gulita”.

Sebelum menjadi “Akira Dalta” awalnya sempat terpikirkan untuk menggunakan nama “Bintang Dalta”. Terpikirkan nama “Bintang” karena namaku (Syamsul) berasal dari bahasa Arab yang artinya adalah matahari. Dan matahari adalah bintang yang paling bersinar dalam tata surya galaksi bimasakti. Allah memasukkan malam ke dalam siang serta memasukkan siang ke dalam malam. Nah fungsi kedua inilah yang menjadi inspirasi. Bahwa matahari merupakan suatu instrumen dari Allah SWT untuk memasukkan siang ke dalam malam. Jadi pada dasarnya tata surya kita gelap, dan matahari lah yang membuatnya menjadi terang bercahaya. Subhanallah..

Namun karena terkesan terlalu tendensi untuk menjadi ”Bintang” dalam arti yang norak (seperti bintang idol,minuman beralkohol,artis terkenal), maka aku menemukan padanan kata dari bahasa Jepang yaitu “Akira”. Alhamdulillah.. Maka lahirlah nama pena “Akira Dalta” yang artinya adalah kecerdasan,kepandaian dan juga sifat menerangi serta bercahaya dalam gulita.

Harapannya sederhana saja, semoga tulisanku dapat menjadi penerang dalam gulita kebodohan, menambah keyakinan bagi yang bingung, mengabarkan berita bagi yang belum tahu dan memahamkan bagi yang keliru. Dan aku sadar bahwa itu semua tidak dapat terwujud tanpa ada kebersihan hati dan juga optimalisasi ikhtiar dalam setiap tulisan yang kubuat. Wallahua’lam..***

Penulis:

#FHUNPAD #UNITEDARMY

One thought on “Sekilas tentang Nama Penaku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s