Posted in Renungan Kehidupan, tulisan SERIUS

BIJAK MENGHADAPI MUSIBAH

Oleh : Syamsul Ma’arief C.S.H.

(Ketua Umum KAMMI Daerah Bandung)

Bismillah..

Indonesia kembali berduka. Masih tersisa penderitaan korban di tengah puing reruntuhan gempa di Jawa Barat, kini Allah menyapa Sumatera Barat dengan gempa sebesar 7,6 SR. Korban pun berjatuhan. Korban luka dan tewas mulai bertambah. Tangis dan jeritan penderitaan menjadi suara pilu yang mewarnai hari-hari di bumi Minang. Apa yang sebenarnya sedang terjadi..?? Apakah ini sekadar cobaan dan ujian dari Allah pada orang-orang beriman, atau justru merupakan azab atas segala dosa yang telah dilakukan kita semua..??

Dalam Al-Qur’an surat Al-Ankabut ayat 2-3 Allah berfirman:

“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan saja mengatakan; “Kami telah beriman,” sedangkan mereka tidak diuji? Dan sesungguhnya kami telah menguji orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yg benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yg dusta.”

Maka pada hakikatnya, ujian merupakan suatu keniscayaan bagi orang-orang yang beriman. Orang-orang yang mengakui bahwa Allah ada penguasa semesta alam. Orang yang mengakui bahwa Muhammad bin Abdullah sebagai utusan Allah. Dan ujian ini tidak hanya menimpa kita saja. Berbagai ujian dan cobaan juga pernah diberikan pada umat terdahulu, bahkan mungkin lebih berat daripada ujian yang kita terima saat ini. Lalu apa sebenarnya tujuan Allah menguji hambaNya..?? Ujian tersebut tidak lain adalah agar Allah mengetahui siapa diantara hamba-hambaNya yang benar keimanannya.

Akan tetapi bukankah ujian dan cobaan merupakan suatu hal yang tidak kita sukai? yang dapat membuat kita menderita,kesakitan,kehilangan bahkan dapat membuat kita justru membenci Allah..??

Allah yang maha mengetahui menegaskan dalam surat Al Baqarah ayat 216 bahwa :

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui.”

Tapi bukankah tidak semua orang sanggup dan siap menerima ujian dan cobaan dari Allah SWT..?? perlu kita pahami kembali bahwa “Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya.”(QS Al-Baqarah : 286)

Lalu apa yang harus kita lakukan..??

1. Senantiasa meminta pertolongan kepada Allah SWT

“Dan mintalah pertolongan(kepada Allah) dengan jalan sabar dan mengerjakan sembahyang; dan sesungguhnya sembahyang itu amatlah berat kecuali kepada orang-orang yang khusyuk” (QS Al-Baqarah : 45)

“Cukuplah Allah bagiku, tidak ada Tuhan selain dariNya. Hanya kepadaNya aku bertawakkal.” (QS At-Taubah : 129)

2. Meyakini akan janji Allah atas setiap ujian yang menimpa

“Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mu’min, diri, harta mereka dengan memberikan syurga untuk mereka.” (QS At-Taubah : 111)

“Tiada suatu musibah pun yang menimpa seorang Muslim, melain-kan dengannya Allah hapuskan (dosa-dosa kecil) darinya sampai-sampai sebatang duri pun yang menusuknya.”( Shahih Al-Bukhari, kitab Al-Mardla, no. 5640; Shahih Muslim, kitab Al-Birr wa Ash-Shilah, no. 2572.)

3. Tetap bersabar dan berbaik sangka

“Dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah melainkan kaum yang kafir.” (QS Yusuf : 12)

“Dan bersabarlah. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS Al-Anfal: 46)

4. Melakukan Taubat atas segala dosa yang telah kita perbuat

“Hai orang-orang yang beriman, bertobatlah kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhan kamu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersama dengan dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: “Ya Tuhan kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”. (QS At Tahriim : 8 )

Semoga setiap ujian dan cobaan yang menimpa kita dapat menjadi momentum untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah sang maha pencipta. Amin. Wallahua’lam…

Bandung, 2 Oktober 2009.

Penulis:

#FHUNPAD #UNITEDARMY

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s