Posted in Lembar KAMMI, tulisan SERIUS

Garis Gerakan Mahasiswa

Dalam buku yang berjudul “KAMMI dan Pergulatan Reformasi” disebutkan bahwa setidaknya ada 3 model garis gerakan mahasiswa dalam menghadapi berbagai rezim yang berkuasa, yaitu :
1. Moderat-Kritis
2. Radikal-Revolusioner
3. Realis-Pragmatis

Ketiga model tersebut memiliki ciri khas dan kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Ketiganya tidak dapat terlepas dari mata rantai upaya revivalisasi gerakan mahasiswa pasca teror NKK/BKK. Namun, apapun pilihan garis gerakannya, idealnya setiap organ gerakan mahasiswa tetap harus memiliki semangat perubahan yang revolusioner. Meskipun tidak selamanya harus berbau radikal. Revolusioner di sini dalam arti bahwa gerakan mahasiswa memiliki pandangan yang kritis dan objektif mengenai wabah krisis nasional, serta tuntutan solusi yang menyeluruh di berbagai sisi kehidupan.

Semangat revolusioner ini justru harus senantiasa muncul bahkan ketika berbagai elemen organisasi lain mengalami stagnasi atau bahkan terkooptasi oleh agenda rezim. Selain itu, hal yang sangat penting dalam membakar semangat ini adalah kemampuan untuk bekerjasama dalam membangun aliansi gerakan yang multi ideologis.

Maka, kini semua tergantung pada pilihan kita. Karena pena sejarah harus kembali kita rebut dari tangan para “politisi gelonggongan” itu. So, what’s your choice..??

Penulis:

#FHUNPAD #UNITEDARMY

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s