Posted in tulisan SERIUS

Awal Sebuah Langkah

Bismillah…

“…Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri…”
(QS Ar-Ra’d : 11)

Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam, yang atas karunia-Nya lah kita masih diberikan nikmat iman, nikmat Islam dan juga segala nikmat lainnya yang seringkali tidak kita sadari. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurah pada junjungan kita semua, Muhammad Rasulullah SAW, manusia biasa dengan misi yang sangat luar biasa.

Saudaraku, betapa segala realita kehidupan yang tampak pada hari ini telah mengajarkan kepada kita semua, bahwa umat muslim sedang berada pada titik nadirnya. Di bidang politik, ekonomi, sosial, pendidikan, bahkan sampai pada bidang pertahanan dan keamanan sekalipun, umat muslim masih berada di bawah dominasi orang-orang dzalim.

Lalu apakah yang masih bisa diharapkan dari sebuah umat yang telah digerogoti oleh berbagai penyakit ganas dalam semua aspek kehidupannya ini? Ada diktatorisme dan perpecahan antar golongan dalam berpolitik, ada dominasi asing dalam berekonomi, ada atheisme dan hedonisme dalam kehidupan bermasyarakat, pembodohan dalam sistem pendidikan, permainan kepentingan dalam dunia hukum, apatisme dari orang terdidik, kebakhilan dari orang kaya, dan juga keserakahan dari para penguasa, serta masih banyak lagi gejala memprihatinkan lainnya.

Tapi sesungguhnya keprihatinan ini tidak akan bertahan selamanya. Karena roda kehidupan ini akan terus berputar. Sebagaimana Allah kabarkan dalam Surat Al Insyirah ayat 5-6 :

“…Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan… ”

Maka begitulah fitrah kehidupan. Bahwa setelah malam yang begitu pekat, insya Allah akan segera diikuti dengan munculnya cahaya fajar yang menerangi alam semesta.

Saudaraku, oleh karena itu janganlah kita berputus asa dari rahmat Allah. Janganlah kita pesimis dalam menghadapi permasalahan umat ini. Karena Allah telah menjanjikan kebaikan bagi setiap orang ataupun umat, yang senantiasa menyiapkan diri untuk menyambut datangnya momentum kebangkitan itu. Lalu siapakah gerangan orang ataupun golongan yang akan menjadi inspirator bahkan pengusung dari momentum kebangkitan ini?!

Jawabannya adalah PEMUDA!! Bahwa pemuda hari ini adalah pemimpin di masa yang akan datang. Bahwa di tangan pemuda lah tertumpu segala mimpi dan harapan umat ini. Maka KAMMI sebagai suatu organisasi pergerakan pemuda Islam, harus mengambil peranan penting dalam mewujudkan harapan umat ini. KAMMI harus menjalankan fungsinya tidak hanya sebagai Agen Perubahan (Agent of Change) tapi juga sebagai Pengarah Perubahan (Direct f Change).

Maka, sudah semestinya KAMMI mulai merencanakan Grand Design dalam mengusung gerakannya di masa yang akan datang. Dalam aspek internal, sebagai organisasi berbasis kampus, maka KAMMI harus menjadi suatu lembaga yang menjadi basis kaderisasi siyasi kampus itu sendiri. Ketika KAMMI telah menjadi basis kaderisasi siyasi kampus ini, maka diharapkan kader-kadernya akan menjadi akselerator dalam membangun imperium dakwah di kampus. Realisasi amalnya adalah setiap kader KAMMI dapat secara aktif berperan dalam membangun struktur Student Government dengan berkontribusi langsung dalam lembaga kemahasiswaan yang ada.

Dengan kehadiran kader KAMMI di lembaga kemahasiswaan ini, maka setiap kader KAMMI akan mendapatkan stigma positif sebagai elemen mahasiswa yang merupakan representasi dari masyarakat kampus. Dalam konteks logika kepentingan, maka setiap orang ataupun lembaga yang dapat merasakan manfaat dari kehadiran KAMMI maka mereka merupakan aset rekrutmen dari golongan ammah dalam menambah kekokohan bangunan dakwah ini.

Sedangkan dalam aspek eksternal, sebagai gerakan ekstra parlementer, maka KAMMI harus menjadi suatu organ kritis dalam mengawal setiap kebijakan yang ada, baik dari lembaga eksekutif, legislatif maupun yudikatif. Akan tetapi, dalam tataran eksekusi maka KAMMI tidak dapat bergerak sendirian. Maka KAMMI juga harus mulai merekonstruksi basis jaringan di setiap lapisannya, antara lain jaringan elit politik, tokoh, pakar, gerakan maupun media massa. KAMMI harus menjadi lokomotif gerakan bagi setiap jaringan ini. Dengan kuatnya jaringan ini, maka diharapkan dapat semakin memperkuat barisan kekuatan yang dimiliki. Dan yang paling penting, KAMMI pun jangan sampai melupakan perhatiannya pada masyarakat secara langsung. Baik melalui sarana advokasi, maupun pencerdasan kepada masyarakat.

Saudaraku, teruslah tanamkan pemahaman ini sebagai sebuah keyakinan dalam hati-hati kita, kemudian menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga hati-hati kita pun dapat bersatu di bawah naungannya. Jangan hanya jadi penonton, tapi bersegeralah mengambil peran. Karena dari tangan kita lah kebangkitan umat ini akan niscaya. Semoga Allah senantiasa bersama mukhlisin. Terus optimalkan ikhtiar kita, dan selebihnya biar Allah yang memenangkan urusan-Nya. Wallahu a’lam. Alhamdulillah..

Penulis:

#FHUNPAD #UNITEDARMY

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s